Cara Menjalankan Turbo Pascal 7.1

Pascal 7.1 masih memakai konsole program, tapi sudah mampu menerima input dari mouse. 

Memang terlihat jadul, tapi masih sangat menarik untuk digunakan, apalagi kepada orang-orang yang suka mengembangkan logika dan algoritma.

Pada kenyataannya program pascal versi 7.1 masih banyak digunakan pada universitas dalam menunjang matakuliah mereka, seperti matakuliah matematika, fisika dan algoritma, dan mungkin ada matakuliah lainnya.

Borlan Turbo Pascal V 7.1 hanya berukuran lebih kurang 2Mb. Jadi, sudah pasti sangat ringan untuk digunakan. Tapi untuk windows 7 dan 8 tidak dapat menggunakan pemrograman grafik, dan sering terjadi masalah pada windows arsitektur 64 bit. ya karena memang Turbo Pascal digunakan pada komputer 16 bit dulunya.

Didalam direktori Pascal yaitu "TP" terdapat beberapa folder, untuk membuka aplikasi pascal ikut langkat berikut ini :

1. Klik folder TP
2. Klik folder bin
3. Klik file TPX.exe (jangan TPX.ico)

Dalam pascal ada dua istilah yang harus dipahami yaitu :
  1. Compile, adalah proses untuk memeriksa program, apakah terjadi kesalahan penulisan program atau tidak, akan muncul pesan error berwarna merah apabila salah,  kemudian muncul pesan sukses apabila benar. cara untuk mengkompile pada pascal, pada menu pascal klik menu compile --> compile.
  2. Run, adalah tahap menjalankan program untuk melihat hasil program, tentunya setelah program berhasil dicompile. caranya klik menu run --> run

Post a Comment